Cara Menghemat Uang Jajan di Sekolah

1. Membawa bekal makanan dan minuman dari rumah 

sumber
        Dengan membawa bekal makanan dan minuman dari rumah,  kamu tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk jajan di sekolah. Kamu juga tidak perlu pergi ke kantin sekolah untuk membeli makanan, sehingga dapat menghemat waktu kamu. Dan kamu dapat menggunakan waktu kamu untuk hal lainnya pada jam istirahat.
        Membawa bekal membutuhkan tempat ekstra dalam tas. Tas saya cenderung berukuran ramping, sehingga saya tidak bisa membawa bekal yang berukuran besar. Tetapi saya tidak perlu bekal yang berukuran besar, asalkan bekal tersebut sudah membuat saya kenyang dan dapat menunda lapar saya sampai saya pulang dari sekolah.
        Bagi kamu yang mempunyai tas yang cukup untuk membawa bekal besar, silahkan membawa bekal yang besar. Karena jika memfungsikan bekal sebagai “penunda lapar” saja, maka jadwal makan siang kamu akan tertanggu.
        Oh iya, bekalnya diisi makanan 4 sehat ya, biar kebutuhan nutrisi kamu cukup. Dan jangan lupa membawa sendok.
         Selamat membawa bekal!

2. Sarapan pagi sebelum berangkat ke sekolah

         Sarapan pagi dapat membuat kalian merasa kenyang di pagi hari, sehingga tidak akan jajan selama waktu pagi, hingga jam makan siang. Meski tidak tertutup kemungkinan jika kalian akan lapar pada saat pagi menjelang siangnya. Tetapi tetap saja, sarapan pagi membantu mengurangi tingkat “kelaparan”nya. Dan tentunya mengurangi jumlah cemilan yang kalian beli.

Roti dengan telur. sumber.

         Sarapan pagi juga mempunyai manfaat dan kelebihan lainnya. Sarapan dapat membantu kita dalam menerima pelajaran di sekolah. Bagi saya pribadi, sarapan membuat saya tetap semangat di sekolah! Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat sarapan lainnya.

        Sedikit saran, sebaiknya sarapan pagi anda mengandung karbohidrat dan serat yang cukup. Karena karbohidrat merupakan sumber energi. Dan serat, karena serat dapat memperlambat proses pencernaan, sehingga karbohidrat tersebut diserap tubuh secara bertahap/perlahan-lahan. Hal ini berlaku juga pada saat puasa lhoo! Selain karbohidrat dan serat, sebaiknya juga ditambahkan berbagai macam variasi agar kebutuhan nutrisi kita lengkap! Jangan lupakan kacang-kacangan! Karena menyediakan lemak yang baik untuk tubuh dan protein untuk membentuk tubuh. Dan kacang-kacangan juga lebih lama membuat perut kenyang daripada karbohidrat.

        Beberapa hidangan yang kaya akan karbohidrat adalah: Nasi, kentang, dan roti.
Sedangkan yang kaya akan serat adalah: Agar-agar, jelly, sayuran, dan kulit buah(serta buahnya tentu).

        Sedangkan untuk sarapan favorit saya adalah, roti dengan selai kacang! Jangan lupa untuk minum air putih yang banyak pada pagi hari juga yaa! Mari sarapan agar kita lebih bersemangat ke sekolah!

http://en.wikipedia.org/wiki/Breakfast tentang sarapan pagi.
http://nutrition.about.com/od/nutrition101/a/breakfast.htm pentingnya sarapan pagi.
http://www.mrbreakfast.com/ untuk melihat-lihat resep sarapan pagi.

3. Pulang menumpang dengan teman

        Sudah jelas! Menumpang pulang dengan teman dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan biaya transportasi kita. Jadi, silahkan minta kepada teman/teman dekat anda yang mempunyai kendaraan seperti motor, untuk nebeng pulang ke rumah. Sudah jelas, artikel ini diutamakan untuk orang yang tidak mempunyai kendaraan bermotor untuk transportasi ke sekolah seperti saya ini. Heheheh..

        Meski bertuliskan “menumpang” yang rasanya sedikit “negatif“, tetapi banyak sekali manfaatnya lho. Manfaatnya dapat dirasakan dari sisi pemberi tumpangan maupun yang ditumpangi, maupun yang tidak numpang dan ditumpangi! Nah lho, kok bisa? Coba kita lihat manfaat-manfaatnya: 

  • Dari sisi penumpang: penumpang dapat menghemat biaya transportasi, dan dapat pulang ke rumah lebih cepat. 
  • Sedangkan manfaat dari sisi yang ditumpangi: Tau dimana rumah teman, ada teman pada saat perjalanan pulang, mengurangi ongkos bensin (bila diatur kesepakatan), dan sebagainya. 
  • Sedangkan bagi yang bukan keduanya, juga ada manfaatnya: Bagi pengguna jalan, jalanan menjadi tidak macet karena pengguna kendaraan bermotor berkurang. Lalu polusi udara juga berkurang. Dan pastinya masih banyak lagi manfaatnya. 

Kawasaki Ninja 250R

        Naah, bagi yang memberi tumpangan, janganlah kamu merasa dimanfaatkan. Bantulah teman-mu dengan ikhlas dan dengan niat menolong. Toh tidak ada salahnya jika masih ada satu tempat untuk membonceng teman, dan arah pulang kamu juga sama. Tidak tertutup kemungkinan kamu membuat kesepakatan untuk berbagi uang bensin dan kesepakatan lainnya yang dapat saling menguntungkan. Yaa, bahasa ilmiahnya simbiosis mutualisme lah. 

        Namun, menumpang dengan teman pastinya juga mempunyai kerugian-kerugiannya sendiri. Beberapanya adalah, penumpang teman waktunya menjadi tidak bebas, karena harus mengikuti waktu pulang yang  ditumpangi. Lalu kendaraan bermotor menjadi lebih berat dan lebih boros bensin. Dan yang paling rugi adalah tukang angkutan umum! karena sebagian besar pelanggannya (pelajar), nebeng bersama temannya!

        Bagi saya pribadi (yang merupakan penebeng!), lebih banyak untungnya daripada ruginya. Saya tidak tahu bagaimana bagi yang menebengi. Dan  jika kamu adalah orang yang menebengi, silahkan tulis komentarnya disini ya apa manfaat dan kerugiannya! Ayo kita sama-sama saling tolong menolong dan mengurangi kemacetan di Jakarta yang semakin parah ini! (yaa, ini mungkin sebagai alasan yang benar dan nyata dari maksud pulang gratis, hehehe..).

Yaa, bagi yang mau menambahkan cara-cara lain dalam menghemat uang jajan disekolah, silahkan berkomentar disini! 

Iklan

Satu pemikiran pada “Cara Menghemat Uang Jajan di Sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s