Membuat Akun Tahapan BCA

Selamat tahun baruu!

Akhirnya tahun baru 2012! Umur saya sudah beranjak menjadi 18 tahun

Saya memutuskan untuk membuat akun bank sendiri! Akun BCA. Saya memilih menggunakan akun BCA karena keluarga saya banyak yang menggunakan BCA. Jadi, bisa lebih mudah untuk transfer uangnya. Selain itu, juga karena bank BCA umum digunakan dalam melakukan transaksi keuangan secara online.

Sebelum membuat akun BCA, berikut ini  hal-hal/dokumen-dokumen yang perlu disiapkan:

  1. Kartu identitas (KTP/SIM) asli
  2. Uang setoran awal (Minimal Rp. 500.000,-) asli
  3. Telefon rumah yang aktif  dari TELKOM (jika tidak punya bawa Kartu Keluarga yang asli, bukan fotokopian)
  4. Uang Rp. 6000,- untuk materai

Setelah menyiapkan hal-hal tersebut, sekarang pastikan kantor cabang  BCA anda sesuai dengan lokasi tempat tinggal anda.  Untuk daftar lengkapnya silahkan kunjungi link ini. Kalau saya yang tinggal di Cinere, cabangnya bisa yang di depan Cinere Mall, atau yang di jalan Cinere Raya(KCP Bukit Cinere Indah).

Kunjungi kantor cabang BCA antara pukul  08.00 – 15.00 pada hari kerja atau 10.00 – 15.00 pada hari libur(Weekend Banking) di kantor cabang BCA tertentu saja.

Proses di kantor cabang BCA tergolong mudah. Biasanya satpam yang membukakan pintu mau membantu. Cukup bilang kalau kita ingin membuat akun BCA, lalu dia akan menunjukan tempat mengambil nomor antrian. Kita tinggal menunggu nomor antrian kita dipanggil oleh teller BCA.

Setelah dipanggil oleh teller, jangan gugup! Tinggal senyum, sapa, balas salam, duduk. Sudah, lalu teller tersebut akan memperkenalkan dirinya, lalu menanyai nama kita dan menanyakan apa yang bisa dibantu. Jelaskan kalau kita ingin membuat akun BCA atau ingin menabung di BCA. Teller lalu meminta kelengkapan dokumen kita, tak masalah, sudah kita persiapkan! Kemudian sang teller akan menjelaskan produk-produk bank kepada kita. Ada baiknya kita mendengarkan teller mengenai produk-produk bank tersebut, dan tanya jika belum mengerti (Jangan kaya saya mau cepet-cepet buka tabungan :P). Lalu pilih produk yang paling cocok untuk kita, kalau saya memilih Tahapan BCA.

Setelah itu, kita tinggal mengikuti instruksi-instruksi dan penjelasan dari teller. Lalu teller tersebut yang mengisikan formulir pendaftaran untuk kita, jadi kita diam saja, dilayani. Teller juga memfotokopikan KTP (dan KK) kita di situ, jadi kita tidak perlu repot-repot untuk fotokopi dokumen kita. Setelah itu sang teller akan menyuruh kita untuk membeli materai seharga Rp. 6000,- dan kita disuruh tanda tangan sana, sini. Lalu melakukan setoran tunainya (Rp. 500.000,- minimal)

Sebentar lagi selesai! Setelah formulir sudah selesai kita akan mendapatkan buku tabungan yang ditandatangani oleh teller, dengan saldo Rp. 500,000 awal. Lalu kita akan dibuatkan kartu Paspor BCA/ATM BCA, yang berfungsi sebagai kartu debet dan ATM. Lalu kita akan dikenakan biaya  sebesar Rp. 10.000,- dan biaya pembuatan kartu Rp. 10.000,-. Namun jangan khawatir karena angka tersebut akan secara otomatis didebet dari akun kita.

Selanjutnya, karena masih 1 paket dengan produk yang kita pilih tadi (Tahapan BCA) maka kita juga harus mendaftar di klikBCA (eBanking) dan mBCA (Mobile Banking). Sekali lagi, kita tinggal mengikuti instruksi dari teller saja. Tapi ada baiknya juga mempersiapkan hal-hal berikut ini:

  1. Untuk klikBCA, sediakan alamat email yang aktif.  Lalu biaya Rp. 10.000,- (didebet otomatis) untuk pengajuan KeyBCA.
  2. Untuk mBCA, handphone kita harus ada menu operator-nya (kalau saya Telkomsel, Telkomsel Menu), dan didalamnya terdapat menu m-BCA nya. Di handphone(Telkomsel) saya tidak ada menu m-BCAnya, jadinya saya harus pergi ke Kantor Grapari Pusat(cuma bisa di Grapari Pusat [Gedung Wisma Mulia Lt G, Jl. Gatot Subroto No.42  Jakarta 12710]) untuk mengkonfigurasi ulang kartu SIM saya supaya ada menu m-BCAnya (sederhananya ganti Kartu SIM, tapi nomor tetap). Proses di Grapari juga cukup mudah dan cepat, tidak perlu membawa Buku Tabungan BCA maupun Paspor BCAnya. Tadinya teller menawarkan untuk membeli kartu SIM XL khusus buat BCA, tapi karena saya sudah menggunakan Telkomsel, dan pastinya akan kerepotan jika punya 2 kartu SIM, saya pilih pergi ke Grapari Pusat.

Jadi itulah cara untuk membuat akun di kantor BCA, tahap pada bagian tengah agak sedikit tidak teratur (hehe maklum lupa) tapi kurang lebihnya seperti itu. Saya tidak begitu ingat karena pelayanannya mudah (loh).

Setelah berhasil, selamat!

Akhirnya kita bisa membangga-banggakan rekening baru kita! Bisa pamer kartu debet ke temen (lho). Kita tinggal memikirkan apa yang harus dilakukan dengan rekening, dan uang yang kita punya tersebut. Kita bisa melirik produk lain dari Bank ini, seperti kartu kreditdeposito,  atau kartu Flazz. Tereserah :), tapi pilih yang bijak.

Mungkin kita bisa mulai menabung di rekening. Atau, jika kita tidak tau apa yang harus kita lakukan dengan uang kita dalam jangka pendek, ada baiknya kita melirik investasi.

Kesimpulannya———————————-

Bawa kelengkapan berikut ini:

  1. Kartu identitas (KTP/SIM) asli
  2. Uang setoran awal (Minimal Rp. 500.000,-) asli
  3. Telefon rumah yang aktif  dari TELKOM (jika tidak punya bawa Kartu Keluarga yang asli, bukan fotokopian)
  4. Uang Rp. 6000,- untuk materai
  5. Alamat email aktif untuk klikBCA
  6. Handphone dengan menu m-BCA (kalau punya)

Lalu:

  1. Kunjungi Kantor Cabang BCA yang sesuai dengan lokasi rumah (sesuai, bukan hanya dekat) .
  2. Kunjungi Kantor Cabang BCA pada pukul 08.00 – 15.00 hari kerja atau 10.00 – 15.00 hari libur pada Kantor Cabang BCA tertentu.
Dan:
  1. Karena kesiapan sudah lengkap, tinggal ikuti instruksi dari teller bank. Blog saya hanya memberikan sedikit gambaran mengenai bagaimana cara membuat akun bank BCA. 😀

Setelah berhasil:

  1. Mulai menabung secara teratur di rekening tersebut
  2. Melakukan investasi jika tidak mempunyai tujuan jangka pendek
  3. Membeli produk bank lainnya, seperti kartu Flazz, kartu Kredit, dsb..

Goodluck dalam membuat rekening (BCA) sendirian ya! 😀

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi web berikut:

http://www.klikbca.com/

http://www.telkomsel.com/customer-service/grapari

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s