“Diturunin” Angkot

Jika kalian ingin melihat apakah pemerintah masih “memerintah” rakyatnya atau sudah “melayani” rakyatnya, coba lihat pelayanan publiknya: transportasi umum, salah satunya.

Alkisah saya pulang dari Universitas Indonesia, seperti biasa menuju Terminal Depok untuk kemudian naik angkot (angkutan umum) 110 jurusan Cinere. Belum sampai Cinere, sang supir angkot memutuskan untuk berhenti melakukan pekerjaannya, menurunkan penumpang dengan berbagai macam alasan seperti: macet, “jam malam”, mobil mau dipakai “pemilik”, supir ada acara, dan lain-lain.

Tujuan

Tujuan transportasi umum adalah untuk melayani kepentingan transportasi masyarakat banyak, definisi saya loh, untuk membenarkan argumen saya berikutnya.

Saya bagian dari masyarakat, kepentingan saya untuk pulang tidak terlayani.

Egois?

Terdengar egois ya? hehehe.. Pemerintah sebagai “pelayan”, egois tidak? Kalau kita definisikan lagi “pelayan”, “melayani” sebagai “pemenuh” hak kita, dan jika kita sudah memenuhi kewajiban kita sebagai masyarakat (bayar angkutan umum, bayar pajak, dst), saya rasa tidak egois.

***

Tentu sekarang saya hanya ngomongin pemerintah melalui transportasi umum-nya. Saya juga tidak menyalahkan pemerintah (bohong..), saya cuma ngambek..

Balik dari ambekan saya, masuk ke-dalam angkot.. Sang supir tidak “melayani” saya hingga tujuan, ia “memerintah” saya untuk turun angkot dan naik angkot lain.

Tinggalkan Balasan

